Unordered List

Hypermart Diminta Sempurnakan Pest Control

SIDAK - Kepala BBPOM Banjarmasin, Rustyawati (dua
dari kiri) kala memimpin inspeksi mendadak ke Hypermart
Duta Mall Banjarmasin, beberapa waktu lalu.
BANJARMASIN – Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh Balai Besar Obat dan Makanan (BBPOM) Banjarmasin di Hypermart Duta Mall Banjarmasin beberapa waktu lalu menghasilkan temuan mencengangkan. Betapa tidak, di pusat perbelanjaan retail ternama di Banjarmasin itu, tim sidak gabungan yang dikomandoi oleh Kepala BBPOM Banjarmasin, Rustyawati, menemukan bahwa sistem penanganan hama atau pest control di Hypermart tak sesuai standarisasi. Ini dibuktikan ketika Rustawaty dan tim sidak menemukan jejak hama tikus dan remah-remah makanan di salah satu sudut etalase Hypermart.

    Tak pelak, hal ini menyulut kritik yang langsung dilontarkan oleh Rustyawati kepada perwakilan Hypermart. “Kalau ada jejak tikus dan remah-remah makanan, ini menandakan sistem pest control di Hypermart tidak sesuai standarisasi. Seharusnya, manajemen Hypermart bisa memperhatikan hal ini dan melakukan pengawasan yang lebih ketat,” kata Rustyawati.
    Untuk itu, Rustyawati meminta agar manajemen Hypermart menyempurnakan kembali sistem pest control. Karena, dengan mengaplikasikan sistem pest control yang sesuai standarisasi, maka akan menentukan kualitas makanan yang dijual kepada konsumen. “Kalau makanan yang sudah tercemar hama tersebut dibeli oleh konsumen, maka konsumen akan dirugikan. Saya juga meminta kepada konsumen, agar senantiasa waspada dan teliti sebelum membeli produk makanan, baik di pasar tradisional maupun di retail perbelanjaan modern. Apabila menemukan barang rusak, jangan segan untuk dilaporkan ke pengelolanya,” katanya.
    Di sisi lain, sebagai tindak lanjut, pihak BBPOM Banjarmasin akan melakukan sidak ke lokasi lain. “Tidak menutup kemungkinan hal serupa juga bisa terjadi di pasar tradisional ataupun retail perbelanjaan modern lainnya. Nantinya, saya akan kembali turun ke lapangan bersama tim,” tegasnya.
    Ketegasan BBPOM Banjarmasin untuk melakukan sidak sekaligus memeriksa kesterilan produk di pasar tradisional maupun retail modern mendapat dukungan penuh dari Ketua Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Kalsel, MN Hasby Mahbara. “Langkah dan ketegasan sikap dari BBPOM Banjarmasin ini sangat tepat. Ini menandakan BBPOM Banjarmasin melindungi hak-hak konsumen. Mudah-mudahan, sikap BBPOM Banjarmasin ini juga bisa diteladani oleh pihak-pihak lain, terutama dari kalangan pemerintahan seperti Disperindag, Badan Ketahanan Pangan, dan Dinas Kesehatan,” urai Hasby kala ditemui di Sekretariat YLK Kalsel, Senin (28/12).
    Sementara itu, usai Sidak yang dilakukan BBPOM  Banjarmasin beberapa waktu lalu, perwakilan Hypermart Banjarmasin, M Noor Rivai berjanji untuk segera menindaklanjuti persoalan pest control tersebut. “Kami berterimakasih kepada pihak BBPOM Banjarmasin. Hasil sidak terkait sistem pest control ini akan saya laporkan ke manajemen untuk ditindaklanjuti,” tandasnya.(oza)
© all rights reserved
made with by templateszoo