Unordered List

PLN Diminta Dukung Program Sejuta Rumah

SARANA HUNIAN – Developer perumahan di Kalsel meminta
 agar PT PLN mendukung penuh program sejuta rumah.
BANJARMASIN – Mulai digulirkannya program sejuta rumah oleh Pemerintah RI melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI disambut gembira oleh para developer perumahan. Tak terkecuali di Kalsel, para developer perumahan juga banyak ambil bagian dalam mensukseskan program pemerintah tersebut. Apalagi, program ini diprioritaskan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang belum memiiki hunian tetap. Sehingga, program sejuta rumah tersebut dinilai sangat penting dan perlu didukung oleh semua pihak.

    Salah satu pihak yang diminta dukungan penuh demi kelancaran program sejuta rumah ini adalah PT PLN (Perusahaan Listrik Negara). Para developer di Kalsel menuturkan, bentuk dukungan PLN tersebut adalah dengan mempercepat fasilitas penyediaan sambungan listrik di perumahan-perumahan MBR. “Sambungan listrik di perumahan ini sangat penting, yakni sebagai indikator dilakukannya akad pembelian (akad kredit) perumahan. Kalau sambungan listrik belum tersedia, akad pembelian rumah antara developer dan calon pembeli belum bisa dilakukan,” ungkap Muliadi, seorang developer perumahaan PT Saad Berkah Utama Banjarbaru.
    Dituturkan Muliadi,  PT PLN bukan sekadar pendukung dalam mensukseskan program sejuta rumah tersebut. Karena, sebagaimana diketahui listrik merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat, terutama penghuni perumahan sederhana. “Di perumahan yang saya kelola ini, sebenarnya peminat dan calon pembelinya sangat banyak. Namun, karena belum tersedianya sambungan listrik PLN, banyak konsumen yang menunda dan menangguhkan untuk membeli rumah,” paparnya.
    Upaya Muliadi supaya PLN melakukan percepatan pemasangan instalasi listrik tersebut juga sudah dilakukan. Bersama rekan-rekannya sesama developer perumahan yang tergabung dalam Asosiasi Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Kalsel, Muliadi menuturkan sudah beberapa kali menanyakan kepada pihak PLN. “Namun, hingga saat ini belum ada jawaban atau kepastian. Yang pasti, saya berharap PLN bisa mempercepat pemasangan sambungan listrik di kawasan perumahan sederhana. Sehingga, akad pembelian bisa dilaksanakan dan konsumen bisa segera menempati rumah,” harapnya.
       Sementara itu, Humas PT PLN Kalselteng, Anang Djuhrani tak menampik banyaknya permintaan sambungan listrik baru dari pihak developer perumahan. “Kami sedang mengupayakan secepatnya untuk pemasangan sambungan listrik baru di kawasan perumahan. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat bisa segera direalisasikan. Intinya, PT PLN sangat mendukung program sejuta rumah tersebut,” tandasnya.(oza)
© all rights reserved
made with by templateszoo