Unordered List

Saatnya Waralabakan Usaha

TURUN TANGAN - Agus Triono, pemilik Kumala Laundry
sukses mengembangkan bisnis laundrynya menjadi bisnis
waralaba populer di Kalsel.
BANJARMASIN – Geliat pelaku usaha di Kalsel cukup signifikan. Bahkan, banyak pelaku usaha lokal yang kini menjelma menjadi pengusaha yang sukses. Produk dan jasa yang mereka tawarkan bahkan ada beberapa yang dikenal secara luas hingga ke luar Kalsel.


    Namun demikian, tak banyak pelaku usaha di Kalsel yang mewaralabakan usahanya. Menurut pemilik usaha waralaba laundry asal Banjarmasin, Agus Triono, sekarang justru merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis waralaba. "Justru sekarang inilah saatnya untuk mewaralabakan usaha. Karena dengan mewaralabakan usaha, selain meningkatkan pendapatan pribadi, juga memberikan kesempatan bagi orang lain untuk menjalankan bisnis," ungkap Agus.

    Dikatakan Agus, bahkan di tengah maraknya bisnis waralaba asal Pulau Jawa yang sudah merambah level nasional, waralaba lokal bisa jadi pilihan bagi masyarakat Kalsel. "Kalau ingin bisnis waralaba, tidak perlu susah-susah cari dari luar Kalsel. Di Kalsel pun sekarang sudah ada beberapa pilihan, dan tidak salah untuk dicoba," sambung Agus yang kini sudah memiliki 41 gerai mitra se-Kalsel.

    Dicontohkan Agus, bisnis laundry waralaba yang dikembangkannya bahkan sudah mulai merambah hingga ke Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan adanya satu gerai mitra. "Ini membuktikan, waralaba lokal juga mulai diperhitungkan. Dengan kata lain, tak menutup kemungkinan pelaku usaha lokal di Kalsel juga bisa mewaralabakan usahanya," kata pemilik waralaba Kumala Laundry tersebut.

    Agus juga berharap agar sektor perbankan bisa memuluskan fasilitas permodalan bagi masyarakat yang ingin menjadi mitra bisnis waralaba. "Mudah-mudahan, ke depan perbankan menyediakan fasilitas permodalan khusus untuk bisnis waralaba. Karena, selain lebih jelas marginnya, bisnis waralaba juga semakin populer," tandasnya.(oza)
© all rights reserved
made with by templateszoo