Unordered List

Paling Cepat Salurkan DAK Fisik 2021, Pemkab Batola Raih Penghargaan Tingkat Nasional

PRESTASI: Kabupaten Batola meraih penghargaan Penyaluran Tercepat DAK Fisik 2021 tingkat Nasional. Penghargaan diserahkan oleh Kepala DJPb Kalsel, Sulaimansyah kepada Bupati Kabupaten Batola, Hj Noormiliyani AS SH.

MARABAHAN
– Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) menjadi salah satu kabupaten di Kalsel yang paling cepat dalam melakukan penyaluran DAK (Dana Alokasi Khusus) Fisik Tahun 2021. Gerak cepat Pemkab Batola tersebut diapresiasi oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Kalsel dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Banjarmasin.

    Senin (11/4) Kanwil DJPb Provinsi Kalsel bersama KPPN Banjarmasin melaksanakan kunjungan ke Pemkab Batola dalam rangka menyerahkan penghargaan Penyaluran Tercepat DAK Fisik tahun 2021 tingkat Nasional. Penyerahan penghargaan ini diberikan oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalsel, Sulaimansyah yang mewakili Direktur Jenderal Perbendaharaan kepada Bupati Kabupaten Batola, Hj Noormiliyani AS SH. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran SKPD di Kabupaten Batola di Aula Selidah Kantor Bupati Batola.

    Melalui Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor KEP-63/PB/2022, Kabupaten Batola meraih peringkat pertama dalam Penyaluran DAK Fisik Tahun 2021 Kabupaten/Kota tercepat tingkat Nasional. Hal ini merupakan apresiasi atas wujud komitmen pimpinan dan jajaran Pemkab Batola dalam percepatan pembangunan yang dibuktikan dengan percepatan realisasi penyaluran Dak Fisik.
    
    Hal ini tak luput dari koordinasi dan komunikasi yang baik yang telah dilakukan secara  internal, yaitu dengan SKPD, APIP, dan BPKAD. Serta secara eksternal, yaitu dengan KPPN dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel. Komitmen yang tinggi dari para pejabat/pegawai Pemkab Batola dalam merealisasikan penyaluran DAK Fisik yang berdampak langsung bagi pertumbuhan ekonomi sebagai respon atas dampak pandemi Covid-19. Dan sebagai upaya untuk meningkatkan layanan dan infrastruktur di daerah.

    Kinerja penyaluran DAK Fisik Pemkab Batola pada TA 2021 per 31 Desember 2021 sebesar Rp100,26 milyar atau sebesar 95 persen dari pagu Rp105,95 miliar. “Persentase kinerja penyaluran ini lebih besar dari persentasi penyaluran aggregate di Kalsel sebesar 92 persen. Hal ini terjadi antara lain karena Pemkab Batola telah melakukan optimalisasi DAK Fisik dengan melakukan addendum penambahan nilai kontrak sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar Sulaimansyah.

    Penghargaan ini tidak lepas dari sinergi dan kerja sama yang sangat baik antara Pemkab Batola dengan Kanwil DJPb Kalsel dan KPPN Banjarmasin dalam mengawal penyaluran DAK Fisik. “Diharapkan hal ini menjadi motivasi Kabupaten/Kota lainnya di Kalsel untuk bisa melakukan percepatan Penyaluran DAK Fisik tahun 2022, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dana tersebut lebih cepat dan pada tahun anggaran berkenaan. Semoga sinergi dengan DJPb Kalsel dapat terus terjalin dengan baik, sehingga Pemkab Batola bisa terus mempertahankan prestasinya,” tandasnya.(lin)
© all rights reserved
made with by templateszoo