Unordered List

Naik Status, Politeknik ini Komitmen Cetak Nakes Kalsel Berkualitas

KOMITMEN: Setelah menerima SK Kemendikbud Dirjend Pendidikan Vokasi di Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI), Akademi Keperawatan Kesdam VI/Tanjungpura kini menjadi Politeknik Kesdam VI Banjarmasin.

BANJARMASIN – Tenaga Kerja Kesehatan (Nakes) sangat diperlukan. Tak hanya untuk keperluan nasional, nakes juga banyak diperlukan hingga ke luar negeri. Indonesia termasuk negara pencetak nakes andal yang banyak diserap hingga ke luar negeri. Untuk mencetak para nakes andal, tentunya diperlukan lembaga akademik yang andal pula.    

Hal inilah yang menjadi tantangan bagi Politeknik Kesdam VI Banjarmasin. Lembaga akademik pencetak nakes di Kalsel ini resmi berubah nama setelah menerima Surat Keputusan (SK) Kemendikbud Dirjend Pendidikan Vokasi pada tanggal 30 Mei 2022 di Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI). Sebelumnya, Politeknik Kesdam VI Banjarmasin bernama Akademi Keperawatan Kesdam VI/Tanjungpura. SK dari Kemendikbud RI diserahkan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Dr Muhammad Akbar MSi. 

“Setelah peningkatan status dan berubah nama menjadi Politeknik Kesdam VI Banjarmasin, kami semakin berkomitmen untuk membantu Kalsel mencetak nakes berkualitas. Perubahan bentuk menjadi Politeknik Kesdam VI Banjarmasin tercapai setelah memenuhi minimal tiga program studi (prodi), yakni Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan, dan Diploma III Keperawatan,” sebut Tri Mawarni, Direktur Akademi Keperawatan Politeknik Kesdam VI Banjarmasin.

Ditambahkan Tri, walaupun masih dalam tahapan penerimaan mahasiswa baru, pihaknya optimistis Politeknik Kesdam VI Banjarmasin bisa menjadi pilihan para lulusan SMA atau sederajat yang berminat menggeluti bidang profesi tenaga kesehatan. “Sebagaimana diketahui, saat ini nakes sangat dibutuhkan lembaga-lembaga pelayanan kesehatan, terutama rumah sakit pemerintah maupun swasta. Nakes jadi ujung tombak bagi masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan. Dan kami bertekad untuk mencetak nakes profesional yang siap diserap ke dunia kerja,” sebutnya.  

“Tahun 2022 menjadi babak baru bagi Politeknik Kesdam VI Banjarmasin di bidang pendidikankesehatan di Indonesia. Dalam waktu dekat, ada proses pemilihan Direktur serta migrasi pangkalan data perguruan tinggi yang akan bertahap dilaksanakan. Serta, melaksanakan akreditasi untuk dapat bersaing, tidak hanya tingkat regional dan nasional, bahkan sampai tingkat internasional,” pungkasnya.(lin)

© all rights reserved
made with by templateszoo