Unordered List

Paman Birin Tutup Pra PON Karate 2023, Ini Raihan Medali Karateka Kalsel

ANDALAN: Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor yang juga Ketua Umum FORKI Kalsel memberikan selamat kepada M Mazlan, karateka Kalsel peraih medali emas Kumite –67 Kg Putra Pra PON Karate 2023.(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel)


BANJARBARU – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menutup Babak Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PRA PON) cabang olahraga (Cabor) Karate 2023 di GOR Rudy Resnawan, Minggu (27/8) malam. Pada acara penutupan tersebut, Paman Birin menyambut bahagia atas ditunjuknya Kalsel menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pra PON Cabor Karate 2023. Menurutnya, ajang yang diikuti karateka dari berbagai daerah tersebut, menjadi ajang pembinaan jangka panjang yang selanjutnya melahirkan karateka hebat di Indonesia.


“Sebab, di usia 78 Tahun Indonesia merdeka, Kalsel untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Pra PON Karate 2023. Tentunya ini menjadi sejarah tersendiri bagi Kalsel, khususnya masyarakat Kalsel yang mencintai ilmu bela diri karate,” ucap Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengurus Besar Faderasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI), wasit, official dan kontingen yang berpartisipasi dalam ajang bergengsi tersebut.

Menurutnya, Pra PON Karate 2023 merupakan bagian dari proses panjang menyaring para karateka hebat dari berbagai daerah di Indonesia. “Untuk itu, saya atas nama Ketua Umum FORKI Kalsel dan atas nama Gubernur Kalsel, mengucapkan selamat kepada semua karateka yang telah meraih prestasi terbaik di ajang bergengsi ini. Saya berpesan, teruslah asah kemampuan kalian dan jangan pernah menyerah. Jangan puas dengan prestasi yang diraih pada ajang ini. Prestasi tertinggi seorang atlet adalah mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional,” pesannya.

Sementara itu, kontingen FORKI Kalsel mencetak prestasi yang menggembirakan di Pra PON Karate 2023.  Yakni, berhasil meloloskan 14 karateka (8 kelas) dari 15 kelas dengan raihan 1 emas, 2 perak serta 1 perunggu. 14 karateka tersebut tampil gemilang di 8 kelas yang dipertandingkan. Yakni, Kata Beregu Putra Putri, Kata Perorangan Putra, Kumite –55 Kg, Kumite –60 Kg, Kumite –67 Kg, Kumite –84 Kg, dan Kumite –61 Kg.

Medali emas tim FORKI Kalsel disabet oleh M Mazlan yang main di Kumite –67 Kg Putra. Aminuddin yang tampil di Kumite – 60 Kg Putra dan M Afif Lubis dari Kumite –84 Kg Putra mendapatkan medali Perak. Medali perunggu diraih M Raditya Azhari yang tanding dikategori Kumite -55 Kg Putri.

Selain itu, ada sejumlah karateka Kalsel yang juga lolos ke PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Yakni, Tutut Hastuti (Kumite -61 kg putri). Kemudian Amin Abdillah, Bagaskara Editya Putra, dan Muhammad Rifki yang main di Kata Beregu Putra. Di Kata Beregu Putri diwakili oleh Uswatun Hasanah, Suci Dwi Arianti, dan Cantik Meza. Di kelas perorangan Kata Putra, diwakili oleh M Saifa Alim.

Pra-PON Karate ini digelar di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru dengan mempertandingkan empat tatami atau matras sekaligus. Melibatkan sekitar 102 wasit juri yang memimpin jalannya pertandingan. Ada 15 kategori pertandingan, antara lain Kata Putra dan Putri, Kumite Putra kelas -55 kg, -60 kg, -67 kg, -75 kg, -84 kg, dan +84. Sedang Kumite Putri mulai dari kelas -50 kg, -55 kg, -62 kg, –68 kg, serta +68 kg. (lin/rny/Adpim)

© all rights reserved
made with by templateszoo