Unordered List

Gelar South Borneo Expo 2023 di Surabaya, Ekonomi Kalsel bisa Meningkat

Pemprov Kalsel menggelar South Borneo Expo 2023 di Tunjungan Plaza, Surabaya untuk meningkatkan perekonomian Banua

GAET INVESTOR: Gelaran South Borneo Expo 2023 resmi dibuka di Atrium Tunjungan Plaza, Surabaya, Sabtu (7/10).(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel)  



SURABAYA - South Borneo Expo 2023 secara resmi dibuka di Atrium Tunjungan Plaza Surabaya, Sabtu (7/10) tadi. Pembukaan South Borneo Expo 2023 ditandai dengan pemukulan gendang oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, drh Suparmi mewakili Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin. Suparmi memukul gendang bersama Kepala Bank Indonesia (BI) Kalsel, Wahyu Pratomo dan Ketua Dekranasda Kalsel, Hj Raudatul Jannah.South Borneo Expo 2023 diselenggarakan pada 6-8 Oktober. Event ini sebagai upaya mendorong pertumbuhan perekonomian melalui perdagangan, produk UMKM, dan investasi.

Berbagai kegiatan dilaksanakan pada South Borneo Expo 2023. Di antaranya adalah pameran produk-produk UMKM Banua yang terdiri dari 19 stan, serta 1 stan khusus Geopark Meratus. Suparmi menyampaikan Paman Birin mengucapkan rasa terima kasih kepada calon investor dan aggregator dalam kegiatan South Borneo Expo 2023. Paman Birin juga mengundang pada calon investor dan Aggregator untuk berkunjung langsung ke Kalsel.

Manfaat South Borneo Expo ini, terang Paman Birin, dapat membangun networking di antara sesama pelaku usaha dan investor. Serta, meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Paman Birin juga berharap kegiatan ini semakin menumbuhkan dan mendorong perekonomian di Kalsel secara berkelanjutan. 

South Borneo Expo kali ini mengusung tema Upaya Mendorong Pertumbuhan Kalsel yang Inklusif dan Berkelanjutan, melalui Pengembangan Sektor Perdagangan, Pariwisata dan Investasi. Tema ini dipilih sebagai upaya Pemprov Kalsel untuk fokus dalam transformasi ekonomi dari segi primer menuju sektor ekonomi berbasis nilai tambah (hilirisasi), khususnya pengembangan UMKM dan pariwisata. "UMKM Kalsel terus mengalami peningkatan dari tahun 2022, lebih dari 300 ribu UMKM yang eksis. Potensi besar ini berkelindan dengan semakin berkembangnya sektor pariwisata, di mana Kalsel memiliki Geopark Meratus, wisata pantai, wisata budaya yang unik, dan wajib dikunjungi," ungkap Paman Birin.

Raudatul Jannah menyambut positif South Borneo Expo 2023 ini. Istri Gubernur Kalsel Paman Birin itu juga berharap gelaran ini semakin meningkatkan kualitas dan perkembangan UMKM di Kalsel. "Semoga UMKM di Kalsel semakin berkembang, perekonomian terus maju. Di samping itu, juga dapat menarik para calon investor, dan meningkatkan kunjungan wisata ke Kalsel," kata Raudatul Jannah.

Di sisi lain, Wahyu Pratomo menyampaikan South Borneo Expo dihadiri seluruh calon investor dan aggregator. Serta, langsung bertemu dengan pemilik-pemilik investasi dan UMKM di Kalsel. Demi lebih memperkenalkan Geopark Meratus, kegiatan ini juga dipertemukan dengan ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies) Jawa Timur. "Ada langkah nyata, adanya investasi, ada kunjungan wisata ke Geopark Meratus, serta adanya pembelian produk UMKM di Kalsel," ungkapnya.

Wahyu yakin tahun ini momentumnya positif dari segi perekonomian. Pertumbuhan ekonomi pada triwulan II mendekati angka 5 persen. Ditambah lagi sektor-sektor unggulan tetap tumbuh dengan baik, mulai pertambangan, pertanian, hingga konstruksi. Termasuk juga perhotelan dan restoran juga tumbuh dengan baik di Kalsel.

Wahyu menyebut kinerja inflasi juga sangat baik. Saat ini, angka inflasi di kisaran 2,7 persen, dan diyakini hingga akhir tahun diperkirakan mendekati angka 3,2 hingga 3,3 persen. Capaian-capaian itu diperoleh tak lepas dari keberhasilan Pemprov Kalsel yang meraih berbagai penghargaan di bidang pertanian, stunting, pramuka, hingga penghargaan untuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). "Ini menunjukkan komitmen luar biasa, bergerak maju membangun Kalsel. Semoga manfaatnya dirasakan tahun ini dan tahun depan, dengan kehadiran investor yang baru, penjualan meningkat, dan kedatangan wisatawan," terang Wahyu.(lin/Adpim)

© all rights reserved
made with by templateszoo