Unordered List

Peduli Pendidikan Anak Usia Dini, Paman Birin Dianugerahi Penghargaan dari Kemendikbudristek

Paman Birin menerima penghargaan bidang pendidikan HIMPAUDI

PEDULI: Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menerima penghargaan atas kepeduliannya terhadap pendidikan usia dini dan kepada Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) di Kalsel.(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel) 

BANJARBARU - Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin menerima penghargaan atas kepeduliannya terhadap pendidikan usia dini dan kepada Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) di Kalsel. Penghargaan untuk Paman Birin itu diserahkan Plt Dirjen PAUD Kemendikbudristek RI, Komalasari dalam kegiatan HUT ke-18 Jambore II, Musyawarah Wilayah V HIMPAUDI Provinsi Kalsel di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Kalsel, Jumat (6/10).

Paman Birin menyampaikan rasa terima kasih dan bertekad akan turut mengembangkan pendidikan usia dini di Banua. Menurutnya, PAUD menitikberatkan pada peletakan dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, sosial emosional, bahasa dan komunikasi yang disesuaikan dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan anak usia dini. “Pada periode emas usia anak 0-5 tahun, tumbuh kembang anak perlu dioptimalkan dengan baik. Kita semua memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pondasi yang kuat bagi perkembangan mereka,” katanya.

Menurut Paman Birin, keberadaan PAUD di tengah masyarakat memiliki peranan besar dalam memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi setiap anak untuk mengenyam pendidikan usia dini. HIMPAUDI sebagai organisasi yang menghimpun pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam mengembangkan kompetensi pendidik PAUD. Tentunya memiliki korelasi positif terhadap penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. “Pada usia dini, pendidikan bukan hanya tentang menulis dan belajar. Justru yang paling penting adalah membentuk karakter, membangun kreativitas, interaksi sosial anak, serta mengembangkan potensi yang mereka miliki,” ujarnya.

Paman Birin mengingatkan seorang pendidik PAUD dituntut mampu merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Bermain, tapi sambil belajar. “Karena anak belajar dari apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan. Maka melalui pembiasaan perilaku baik yang diterapkan dalam setiap aktivitas anak, para pendidik dapat mengamati proses tumbuh kembang anak didik. Selanjutnya mengembangkan sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini Paman Birin didampingi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Husnul Hatimah. Selain itu, juga hadir Ketua Umum HIMPAUDI Betty Nuraini, dan Kepala BPMP Kalsel Yuli Haryanto. Beragam kegiatannya dihadiri selama tiga hari oleh seluruh perwakilan HIMPAUDI kabupaten/kota pada 6-8 Oktober 2023.(lin/Adpim)

© all rights reserved
made with by templateszoo