Unordered List

Panen Raya di Desa Siang Gantang, Ini Pesan Paman Birin

Paman Birin syukuran panen raya sekaligus tanam padi ulang di area persawahan milik Kelompok Tani Bina, Kabupaten HSS

KETAHANAN PANGAN: Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor memuji kinerja Kelompok Tani Bina Baru di Desa Siang Gantang, Kabupaten HSS.(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel)

KANDANGAN - Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin melakukan syukuran panen raya sekaligus tanam padi ulang di area persawahan milik Kelompok Tani Bina Baru di Desa Siang Gantang, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Senin (10/10) pagi.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mendukung Gerakan Nasional Antisipasi Dampak Iklim El-Nino yang sedang melanda berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Kalsel.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Pj Bupati Hulu Sungai Selatan H Hermansyah, Dandim 1003 HSS Letkol Infanteri Bayu Oktavianto Sudibyo, Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu, Kadis Pertanian dan Ketahananan Pangan HSS M Noor, dan puluhan anggota Gapoktan Bina Baru.

Setiba pukul 11.00 WITA di Desa Siang Gantang, Paman Birin langsung melakukan panen raya. Dilanjutkan tanam padi ulang, dan penyerahan bantuan APBD Kalsel untuk HSS Rp860 juta, dan bantuan APBN Kementerian Pertanian RI untuk HSS tahun 2023 Rp3,1 miliar.

Paman Birin memberikan apresiasi kepada masyarakat, khususnya warga Desa Tiang Gantang karena masih bisa panen padi meskipun saat ini kemarau panjang. "Ini adalah bukti bahwa Banua kita diciptakan Allah begitu luar biasa kayanya. Saat ini kita memanen, lalu menanaminya lagi. Artinya ini tidak pernah putus dalam menanam padi," ujar Paman Birin.

Terlebih lagi, menurut Paman Birin, saat ini Indonesia tengah menghadapi dampak iklim El-Nino dengan kemarau yang begitu panjang. Sebagimana arahan dari presiden, bahwa setiap daerah harus bersiap menghadapi ancaman tersebut. "Alhamdulillah kemarin kita menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian. Tentu penghargaan ini adalah atas hasil kerja para petani, sehingga Banua kita mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Tentu saja penghargaan ini dipersembahkan untuk para petani kita, lebih khususnya para petani di Desa Siang Gantang," tambahnya.

Paman Birin menjelaskan pemerintah pusat sedang melakukan program penanaman padi 500 ribu hektare di setiap provinsi dalam menghadapi El-Nino, termasuk Kalsel. "Dalam rangka gerakan nasional, ulun tidak ragu-ragu lagi, dan ulun menyanggupi program tersebut, dan berharap nantinya padi-padi yang kita tanam bisa surplus. Insya Allah Kalsel dapat terus menjadi penyangga pangan nasional," harapnya.(lin/Adpim)

© all rights reserved
made with by templateszoo